Kombur Mamak, Blog Khas Mamak-Mamak

MEANING OF KOMBUR


Kombur adalah bahasa daerah dari Sumatera Utara, sering di lontarkan untuk sebuah candaan. Misal ada teman yang sedang cerita dengan hebohnya, atau cerita nya sudah menyerupai khayalan maka akan di teriaki "banyak kali kombur mu", artinya banyak kali cakap mu.

Kombur itu bisa juga ajakan untuk bergosip, eh kombur yuk ! Ayok kita gosip-gosip dulu, so kombur itu cerita, Kombur Mamak bisa diartikan story of mom alias cerita emak. 

Kombur mamak akan aku khusus kan untuk semua kisah tentang perjalanan. Rezeki, Jodoh, Langkah (Perjalanan) dan Maut adalah empat hal yang tak bisa kita ketahui, semua hak perogratif dari Allah. 

Sewaktu kecil aku sangat berkeinginan naik pesawat dan rengekan ku akan dijawab mamak "sabarlah, langkah mu untuk naik pesawat sudah ditentukan Allah dan akan berjalan sesuai keinginan Allah". Sejak saat itu aku tak pernah meminta apapun yang berhubungan dengan perjalanan, bahwa aku sangat percaya bila tiba waktunya Allah akan memberikan jalan NYA, banyak perjalanan yang hanya Allah yang tahu kemana aku mau, ada perjalanan yang tak ku pinta tapi di beri, banyak perjalanan yang aku inginkan dan belum saat nya.



Sejauh ini, aku merasakan bahwa perjalanan itu memang mutlak hak Allah, sampai akhirnya pertama kali nya keinginan untuk naik pesawat diijabah lewat sebuah perjalanan mencari pekerjaan, bahkan Allah membuatnya semakin baik, semula aku hanya mampu membeli tiket Lion Air namun karena sesuatu aku berangkat menggunakan Garuda Indonesia, so pengalaman pertama naik pesawat aku menggunakan pesawat terbaik di Negaraku dan karena suatu lain hal aku duduk di business class, see ? Allah adalah sebaik-baiknya pemberi.

Perjalanan selanjutnya keinginan untuk ke baitullah, sebuah sugesti memaksaku untuk membawa dan menggunakan mukena berbordir nama sebuah bank bekas mamak berhaji. "Pakai saja mukena mamak supaya aku nanti ke mekkah". Mukena itu sudah 11 tahun menemani ku menengadah kan tangan "ya rab ijinkan aku ke rumah MU", sampai akhirnya lewat seseorang tanpa sepengetahuanku dia mendaftarkanku Umroh, mashaallah! 

Kombur Mamak, pixabay.com


Keinginan lain melihat teman travelling ke negara lain hanya bisa ku bisikkan perlahan di hati ku "semoga kita bisa ya". Keuanganku tak banyak berlebih, semua gaji teralokasikan sempurna untuk orang yang aku sayangi, bahkan terkadang mereka menolak "simpanlah , gunakan untuk jalan-jalan" ah alangkah egois nya aku, tak usah mak nanti juga akan bisa kok, begitu aku membalasnya. Lalu seorang teman membutuhkan ku untuk meramaikan suasana liburannya, lu cukup bayar sekian dan cicil sampai lunas semampu lu kalau tak mampu ya sudah gratis! Alhamdulillah beberapa jejak sudah ke negara lain berkat Allah.

2012 ketika Korea gencar beriklan, betapa negeri nya layak dikunjungi, sebuah asa terbang kesana 'wish me there' ya rab.. tetiba aku membaca sebuah brand kosmetik mengadakan lomba blog, bermodal kejujuran pengalaman alhamdulillah mampu mengantarkan ku ke negri ginseng, jejak lain ku torehkan di negara orang.

Setelah berkeluarga, impianku adalah melihat suami ku bisa merasakan berlibur, alhamdulillah sudah bisa terlaksana berkat hadiah dari Allah lewat tulisan juga.

Setelah memiliki anak, kembali keinginan mumcul untuk mengajak anak-anak dan suami bisa berkeliling , berlibur bersama dan sekali sudah kami bisa berlibur bersama ke Medan, sebuah angan diijabah untuk membawa suami dan anak-anak ke Medan.

Sekarang, hatiku rindu banget ke baitullah dan inginku adalah bersama suami, anak-anak, mamak, papa, dan abangku, semoga Allah sudah menetapkannya dan aku diberikan kesabaran untuk bisa menunggu langkah kami bersama ke baitullah.

So enjoy this blog, coz here you can find anything about our journey, about our story , this is it KOMBUR MAMAK 😍

Komentar